Senin, 24 Juli 2017

Q&A Yuda desta Pratama


1. Sudah berapa lama main BMX ? kenapa tertarik dengan bmx

 

-Saya memulai bmx dari akhir tahun 2008 sampai sekarang 2017 sudah lumayan hamper 10 tahun saya di dunia bmx.



-Ketertarikan saya di bmx mungkin karena pertama keren kita bisa melakukan aktraksi dengan menggunakan sepeda , menjadikan kita lebih ke jalan yang positif , karna pertama ketakutan saya dari pergaulan yang mungkin semakin tahun semakin bebas apalagi di kalangan anak muda nya dari mulai sex bebas , narkoba , sampai begal liar hahahhahaa, terus kedua saya bisa mengenal teman teman baru , relasi dimana mana , persahabatan dan seperti mempunyai keluarga kecil dari komunitas bmx

 

2. Siapa orang yang paling berjasa dalam bmx di bandung ?

-Orang pertama yang paling berjasa di dunia bmx bandung adalah saudara kandung saya sendiri yaitu OKTAV BAGUS SETIADI kenapa dia karna mulai dari pertama saya mengenal dunia bmx sampai dia mengajari semua trick trick basic bmx mulai dari bunnyhop , 180 , 360 , FAKIE , sampai mengajari cara benerin sepeda dia yang mengajari sampai sekarang dia masih tetap support saya dan masih berjuang bersama seperti ada sebuah kata “ you will never walk alone”

Kedua orang yang berjasa mulai dari IMAN GAYOR BMX lalu ada ADIANTA SUBAKTI (BATAX) lalu ada ADRIAN BULE ada A UNYIL ada BARUDAK SAMSAT , ada DIDI TRIYA SANJAYA dan yang pasti BARUDAK BANDUNG BMX , istilahnya mah tanpa kalian saya bukan apa apa, perjuangan dan doa dan support yang utama

 

3. Suka duka di dunia bmx ?

 

Suka duka di dunia bmx gakan cukup mungkin yah jika di utarakan oleh kata kata,

Selama beberapa tahun saya pernah ngga punya sepeda sendiri kaya teman teman saya setiap kali pertandingan selalu minjem sepeda ketemen setiap pertandingan berikutnya selalu meminjam sepeda teman sampai ketika harapan yang saya impikan terwujud dari mulai bermodal sepeda minjam bnyak yang bilang tukang rental sepeda tapi itu bukan suatu masalah buat terus berjuang dengan apa yang kita impikan , pada suatu hari saya bisa menunjukan bahwa saya bisa tanpa sepeda sendiri , alhamdulillah setiap kali pertandingan kadang menang dan kadang juga kalah , tapi tujuan saya bukan siapa yang menang dan siapa yang kalah tapi tentang menghargai satu sama lain

 

Intinya sih ketika kita tidak memiliki keinginan untuk suatu harapan kita teramat sangat bodoh

 

 

4. Trick pertama kali yang kamu pelajari di BMX apa? Berapa lama dapetin trick nya?

 

Pertama trick bmx yang saya bisa udah pasti pada tau ya barsoin , hahahhahahahahah berharap ngga ngga pertama trick yang bisa saya kuasain adalah bunnyhop ya sudah jelas basic dari bmx , seberapa lama dapetin trick bunnyhop Cuma bisa 5 menit dan itu di ajarkan oleh oktav pakai sepeda anak kecil yang ukuran kate bike hahahhahaha sangatlah mudah lalu beranjak ke sepeda ukuran 2,50 yaaa cukup cepet juga saya kuasain cara dan tehnik nya abis itu lalu belajar 180 spin lalu belajar fakie nya lalu belajar out 180 dan ya lumayan bisa lah asalnya ada videonya Cuma sudah lama kehapus dan itu nyesel kehapus di mana saya oktav lalu 1 lagi saudara saya ozi belajar bunny hop menggunakan ukuran batu bata kita bertiga kemana mana selalu bareng dan hal paling membanggakan bisa melompati sepeda dimana hal yang keren loh bukan lebay karna suatu kebanggan pencapaian

 

5. Kegiatan sehari-hari apa saja ?

 

Untuk kegiatan mungkin sekarang saya kerja bmx lagi libur dulu tapi masih ada selingan di waktu luang untuk bisa latihan bmx , dan sekarang saya kerja di bali bukan di bandung mencari pengalaman , bagi saya bmx hanya sekedar hobi dan fun bukan untuk karir , biaya nikah mahal hehhehehehhe

 

6. Hal akward/lucu/gokil yang pernah kamu lakuin bareng anak anak bmx apa ?

 

Pengalaman hal antic yang pernah saya alamin kebanyakan bersama oktav dan ALM TAUFAN dimana pernah saya buat dia hamper menangis karna ketakutan untuk coba jumping di dirt yang dulu pernah ada di daerah cipagalo di buat oleh anak anak bmx samsat , jadi ceritanya dia maksa pingin coba jumping lalu sudah sampai disana dia malah diem ketakutan dan di paksa ngga mau sampai akhirya saya kesal lalu berkata udah lah pan gausah jadi anak bmx kalo kamu ga pernah coba suatu hal yang kita tidak akan tahu hasilnya sana maen Barbie aja lalu raut muka yang hamper menangis , lalu ajakan ku pulang kepada anak anak , seketika hampir meninggalkan arena dirt sang alm bilang iya iya tunggu saya coba sekali lalu pas dia coba sekali sepeda jauh di lempar ke atas dia malah diem di bawah untuk spedahnya masuk got di pinggir dirtnya ada genangan air hahhahahah trus pernah ada lagi , saya ,adidi ,ega, iman , moeis ,jujun , a apep rencana kita pulang dari daerah Jakarta mana saya lupa pokoknya jauh kita gowes sampai ke pulo gadung waktu itu acara kompas di jakarta Cuma lupa dmanya , dari mulai masih jama freewheel , nah freewheel saya ngplos mau ngga mau saya harus maju seperti bawa scooter nah di perjalan bawa barang banyak bawa barang jualan baju juga , matahari panas terminal tidak kunjung nyampe suatu ketika dimana mungkin anak anak sudah cape lagi gowes nih ga ada angina ga ada batu iman tiba tiba jatoh dari sepeda dengan alasan banyak batu dan pasir dijalan hahahhahahahah lelah coooooyy “lutut tak sanggup lagi jalani kisah dengan mu” #nyanyi

 

7. Bmx street itu katanya merusak fasilitas di kota seperti trotoar atau fasilitas kampus, sekolah , dll menurut kamu gimana tuh ?

 

Memang betul itu semua merusak fasilitas kota yang ada tapi setidaknya kita hanya bisa berharap kepada pemerintah bisa memberikan fasilitas khusus bmx maupun skate di kota , tidak ada salahnya anggaran taman untuk suatu kota itu sngatlah besar bisa membuat taman skatepark atau bmx park , kita tidak menyalahkan pemerintah , tapi kita hanya bisa mengekpresikan kemampuan kita ya itu lewat fasilitas kota mangkanya di sebut wajar ngga di sebut ga wajar juga karna kita butuh tempat!!

 

8. Kalo ga jadi rider bmx , kamu bakalan jadi apa ?

Hahahahhaha kalo ngga jadi rider bmx mungkin jadi pegawai biasa yang pulang kerja pulang kerumah ibaratnya kuuleun , bisa jadi juga spiderman atau mungkin menumpas kejahatan di kota bandung yang maraknya begal antic , tapi ga kepikiran sih kalo ngga jadi rider bmx jadi apa yah ? mennurut kalian jadi apa ?

 

9. Rider bmx favorit/ influence luar negri dan dalam negri ?

 

RIDER BMX favorit dalam negri mungkin diri sya sendiri yah , untuk luar negri yang pasti Bruno Hoffman karna sama sama ga pernah ngelakuin trick barspin hahahha , trus ada dan lacey sama ada mamat kodir hahhahaha bercanda janga terlalu serius

 

10. Pesan pesan / last shout out

 

Bersenang senanglah dengan apa yang kalian ingin kerjakan dan lakukan , karna semua hanya sementara , dan bersyukur lah dengan apa yang kalian dapatkan karna kita tidak akan pernah tau satu menit kemudian apa yang akan kita alami



Words @eleanoryuma

Bandung 24 juli 2017